Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

7.29.2024

Solo, 29 Juli 2024 : Powerful Person


Can't agree more! Terjemahan,

"Seseorang yang merasa baik-baik saja ketika sendirian sesungguhnya adalah orang yang sangat kuat."

Orang yang tidak membutuhkan validasi dari orang lain untuk menjalani hidupnya, mandiri, kuat, tidak menggantungkan hidupnya/kebahagiaannya/harapannya kepada orang lain, berjuang untuk mimpi-mimpinya dengan sepenuh hati, tetap bertanggung jawab, dan tidak pernah membicarakan hal buruk ataupun memanfaatkan orang lain.

Baik-baik ketika sendirian ini bukan hanya perihal bisa pergi kemana-mana sendiri, tapi tentunya juga termasuk pola pikir. Bukan individualis atau anti sosial, dia tidak anti sosial, bisa berinteraksi dengan orang lain sewajarnya, tapi kembali lagi ke paragraf pertama diatas. 

Terkait pola pikir, dia mungkin sedikit kesepian, tapi tidak pernah benar-benar kesepian sampai depresi karena pikirannya selalu terjaga. Pikirannya selalu terlatih untuk memikirkan/melakukan hal-hal yang berguna jadi tidak membiarkan pikiran berkembang biak menjadi pikiran negatif dan overthingking.

Terkait perbuatan contohnya : Pergi ke mall sendiri, olahraga sendiri, makan sendiri, traveling sendiri, dan sebagainya. Dan he/she is fine with that. Tidak mempedulikan pendapat orang lain yang seakan-akan menghakimi dengan "Kok kasian banget ya dia sendirian terus, mungkin ga punya teman." Dia menikmati setiap aktivitas yang dia lakukan karena dia memang membutuhkannya.

Aku pengen menjadi pribadi yang seperti ini, kuat walaupun sendirian. Menggantungkan kebahagiaan/eksistensi/harapan kita ke orang lain bukankah sangat melelahkan ya? Menggantungkan kebahagiaan/eksistensi/harapan ke orang lain artinya, kita menggantungkan harapan, ekspetasi, akan apa yang mereka perbuat ke kita. Padahal hal itu sangatlah tidak pasti. Manusia lain, mereka mempunyai otak dan pemikiran sendiri, mereka mempunyai persepsi sendiri. Kita nggak bisa mengaturnya sesuai dengan ekspetasi kita. 

Biarpun apa yang mereka perbuat awalnya sesuai harapan dan ekspetasi kita, sehingga kita menjadi bahagia, namun hal itu tidaklah bisa dipastikan apakah akan bertahan lama atau tidak. Tentu saja sesuai dengan kondisi orang tersebut. Jadinya apa, hidup akan penuh dengan ketidakpastian. Kita melupakan bahwa didalam diri kita sendiri tersimpan potensi. Potensi untuk memunculkan kebahagiaan internal, kebahagiaan yang tidak bergantung kepada perlakuan orang lain.

Itulah kenapa aku suka kagum dengan orang yang apa-apa bisa sendiri. Orang yang sibuk mengejar mimpinya (bukan mengejarkan mimpi orang lain). I think they are the strongest person. Mereka tidak membiarkan orang lain mempengaruhi bagaimana mereka harus menjalani hidup. Mereka punya tujuan yang pasti, lurus, fokus. 

I wish i can be that kind of person! I'm on the way to practice everyday.

0 comments:

Posting Komentar