Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

7.14.2024

Jogja, 22-23 Juli 2023: Seafood dan Klangon

22 Juli 2023
Ane, ibu ane, dan keponakan ane punya rencana jalan lagi hari ini. Tidak lain dan tidak bukan, tujuannya adalah Jogja. Dimana lagi selain menikmati seafood di Pantai Depok, menginap di hotel di Kota Jogja, dan menikmati Gunung Merapi keesokan harinya hehe. Keluarga ane emang penggila seafood jadi kunjungan ke Jogja tidak akan lepas dari Pantai Depok.

Kita berangkat dari Solo sekitar jam 9, setelah sebelumnya sarapan soto. Menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam melewati Solo-Klaten-Jogja-Parangtritis, akhirnya kita sampai Pantai Depok sekitar jam 12 siang. Yang kita lakukan tentulah langsung belanja seafood di Pasar Seafood Depok. Karena udah laper akut, dan lapar mata, beberapa seafood yang kita beli ada kepiting, udang, kerang dan ikan cakalang. Seinget ane kepiting kita beli 1 kg, udang 1/2 kg, kerang 1 kg dan cakalang 1 kg.

Kelar belanja segera kita mencari warung di sekitaran Pantai Depok yang bisa memasakkan dengan harga yang sesuai. Akhirnya dapatlah 1 warung di deket Pantai dan semua seafood kita serahkan. Untuk kepiting kita masak kepiting asam pedas, udang kita masak udang bakar madu, kerang direbus dan ikan cakalang dibakar. Selain itu kita juga pesan ca kangkung, nasi putih, dan kelapa muda. Sempurna deh! Hehe....

Sekitar 45 menit datanglah semua masakan itu. Dan tanpa babibu langsunglah 3 perut kelaparan ini makan. Wuahhh nikmatnya..!

Sebenarnya makanan ini terlalu banyak buat kita bertiga, tapi sisanya bisa dibungkus. Jadilah selama 45 menit kita puas makan, sisanya kita serahkan si pemilik warung untuk dibungkus. Aku agak lupa pasti habisnya berapa, seinget ane dibawah 200.
Selesai makan, bersantai-santai sejenak, akhirnya bergeserlah kita ke Pantai Parangtritis karena ane janjiin keponakan ane renang. Bukan renang di pantainya, melainkan kolam renang air panas yang berada di tepi Pantai Parangtritis. Mengemudi selama 20 menit, sampailah kita di kolam renang itu. Ane sama keponakan langsung nyebur di kolam renang dangkal itu yang isinya bocil semua 😁. Mana kalau ane berdiri airnya cuma sedengkul ane, jadilah ane banyakan renang sambil merayap-rayap heheh.. selain itu juga menikmati siraman air panas dari air mancur yang banyak disediakan. Lumayan membuat kepala ringan. Ane renang dan keponakan ane sekitar 45 menit sebelum kita beranjak dan bersih-bersih mandi.

Selesai mandi, sempet nemeni keponakan ane jajan pop mie, akhirnya beranjaklah kita kembali ke Kota Jogja. Malam ini kita rencana akan nginap di Satoria Hotel. Perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 1 jam. Sampai hotel hal pertama yang kami lakukan tentulah langsung istirahat leyeh-leyeh di spreinya yang halus. Karena kasurnya twin bed, jadi kita jadikan 1.
Malamnya kita kembali makan seafood yang tadi siang dibungkus. Malam itu setelah kongkow-kongkow sejenak, dan ane sempat main HP, akhirnya jam 12 ane tertidur. Besok rencana ke Gunung Merapi.

23 Juli 2023
Esoknya kita bangun agak pagi, dan seinget ane untuk harga yang ane bayar, kita ga dapet sarapan. Tapi gak masalah karena kita bisa nge-grabfood aja. Kegiatan pagi kami setelah sarapan adalah ane ngajak keponakan untuk renang di kolam renang hotel yang berada di lantai atas. Ibu ane juga ikut tapi cuma ngeliatin aja ga mau nyebur hehe. Ane dan keponakan kecipak-kecipuk selama kurang lebih sejam sebelum kita balik ke kamar dan mandi. Rencana tempat yang kita kunjungi hari ini adalah Bukit Klangon di Lereng Merapi. Tempat ini ane temukan di google maps karena selama ini tujuan kita kalau ke Gunung Merapi cuma Kaliadem/Kaliurang, dan kali ini pengen suasana yang lain. Ane juga teringet pernah ngunjungin Bukit Klangon ini 2 tahun lalu pas masa pandemi. Saat itu Bukit Klangon ini begitu sepi, hanya ada ayam yang berkeliaran minta makan.

Perjalanan dari Kota Jogja kami lalui selama 1 jam. Jalan menuju Bukit Klangon ini pada beberapa titik cukup curam namun karena jalannya lebar jadi aman-aman aja. Hari itu suasana di Bukit Klangon cukup ramai. Setelah memarkirkan mobil, hal pertama yang kita lakuin adalah mampir ke warung untuk ngemil jajanan. Saat itu ane lagi challenge keponakan ane untuk ngurangin konsumsi coklat supaya ga terlalu gendut. Jadi saat itu kita beli mendoan goreng, teh panas dan susu jahe.

Setelahnya kita sedikit berjalan ke atas, ke area camping dan campervan. Kebetulan disitu ada gubuk-gubuk yang bisa kita gunakan untuk santai-santai. Jadilah kita ngobrol-ngobrol santai sambil tiduran di gubuk. Ane juga sempet keliling lokasi camping sama keponakan ane, dan berjanji suatu saat akan camping disini.
Sekitar 1 jam kemudian, setelah puas menikmati udara dingin dan pemandangan, kita bersiap pulang. Namun pas di parkiran ane kembali laper jadi makan mi ayam lagi hehe.. setelahnya kita jalan pulang ke arah Solo, dan sampai Solo sekitar jam 8 malam. Pengalaman yang seru! Semoga ane bisa secepatnya bawa mereka jalan-jalan lagi ke tempat yang lain.